Kamis, 12 Juli 2012

Kronos, Bapaknya Para Dewa



Kronos, Cronus, Cronos merupakan salah satu dari 12 titan yang merupakan penguasa bumi sebelum para Olympian(Zeus, Poseidon, Hades, dkk). Kronos merupakan anak dari Uranus dewa langit dan Gaia dewi bumi. Kronos iri terhadap kekuatan ayahnya Uranus, sehingga ia dikirim ke Tartarus oleh ayahnya. Gaia sangat sedih sehingga diam-diam menemui para titan, yang bersama-sama Kronos dilemparkan ke Tartarus, dan menyuruh mereka melawan Uranus. Hanya Kronos yang berani melawan Uranus sementara para titan yang lain tidak berani.
Kemudian Kronos diberi sabit oleh Gaia untuk menyerang Uranus dengan diam-diam. Ketika Uranus menemui Gaia, Kronos menyerang dengan tiba-tiba dan memotong kemaluan Uranus. Uranus kemudian mengancam akan membalas dendam dan menyebut Kronos titenes (asal mula nama titan) karena berani melakukan tindakan tersebut. Kronos dikutuk akan mengalami nasib yang sama dengan Uranus yaitu dikhianati oleh anaknya sendiri.



Setelah mengalahkan ayahnya, Kronos bersama istrinya, Rhea (adeknya si Kronos), menjadi raja dan ratu dunia. Tetapi Kronos merasa ketakutan bahwa suatu saat ia akan digulingkan oleh anaknya sesuai kutukan ayahnya. Karena ketakutannya itu, Kronos nekad menelan semua anak yang dilahirkan oleh istrinya, Rea. Anak-anak yang ditelannya adalah Hera, Demeter, Hestia, Hades, Poseidon. Tetapi saat anak keenam lahir yaitu Zeus Rhea berhasil menyelamatkannya dengan memberikan batu yang dibungkus oleh kain untuk ditelan oleh Kronos.

Kemudian setelah Zeus dewasa, terjadilah perang antara para titan melawan para olympian. Zeus yang berhasil membuat Kronos memuntahkan saudara-saudarinya membuat pihaknya semakin kuat. Para Titan, berjuang dari Gunung Othrys, atau Gunung Etna dan para Olympian, berjuang dari Gunung Olympus. Perang ini disebut Titanomakhia. Tidak semua Titan memihak kelompok Titan dalam perang ini. Semua Titan wanita memilih tidak terlibat perang, ada yang netral, dan ada juga yang memihak Zeus. Setelah berlangsung selama sepuluh tahun, pihak Zeus akhirnya meraih kemenangan. Zeus kemudian membagi tubuh Kronos menjadi banyak bagian dan kemudian mengurung Kronos bersama para Titan yang melawannya di Tartarus.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar