Kamis, 08 Maret 2012

6 Terowongan bawah Laut Terpanjang di Dunia


Tunnel atau Terowongan disini adalah terowongan2 dalam laut yg menghubungakan antar pulau. Tapi ada juga dalam sungai seperti "Terowongan Marsey".
Terowongan ini bukan persis dibawah laut. Terowongan ini dibuat didalam tanah dan menembus dasar laut. Perlu diketahui bahwa terowongan ini tidak menggunakan dinding kaca seperti halnya di Sea World sebagai dindingnya. Dinding terowongan terbuat dari beton kokoh yang dilengkapi sistem sirkulasi udara yang sangat baik.
Untuk menghubungkan daerah, negara2 maju lebih memilih membuat tunnel ketimpang jembatan. Disamping aman dari bencana (karena tunnel ditanam dalam dasar laut), proyek tunnel lebih cepat dan murah.
OK tak usah menunggu lama, inilah Tunnel atau Terowongan dalam laut terpanjang didunia. 



1. Seikan Tunnel (Japan)





Seikan adalah terowongan dengan panjang (33,46 mil) 53,85, dengan sebagian (14,5 mil) 23,3 kilometer panjang di bawah dasar laut. Track tingkat sekitar 140 meter (460 kaki) di bawah dasar laut dan 240 meter (790 kaki) di bawah permukaan laut. Terowongan ini berada di bawah Selat Tsugaru-menghubungkan Prefektur Aomori di Pulau Honshu Jepang dan Pulau Hokkaido-sebagai bagian dari Line Kaikyo Hokkaido Perusahaan Kereta Api. Nama Seikan berasal dari menggabungkan pembacaan on'yomi karakter pertama dari Aomori dan Hakodate, kota besar terdekat di sisi Hokkaido.

Ini adalah terowongan bawah laut terpanjang di dunia, meskipun Terowongan Channel antara Inggris dan Perancis memiliki porsi lebih lama bawah laut, dan juga kereta api terowongan terdalam di dunia. Ini adalah terowongan kereta api terpanjang di dunia, meskipun Gotthard lagi Base Tunnel di Swiss sedang dalam konstruksi dan dijadwalkan terbuka untuk lalu lintas pada tahun 2017.

2. Channel Tunnel




Terowongan bagian kereta api bawah laut terpanjang didunia 37.9 km)
Terowangan Channel adalah terowongan kereta dibawah laut sepanjang 50.5 km (31.4 mil) yang menghubungkan Folkestone, Kent didekat Dover Inggris dengan Coquelles, Pas-de-Calais didekat Calais utara Prancis dibawah terusan Inggris pada Selat Dover (Menghubungkan INGGRIS dgn PRANCIS gan..!Pada 37.9 km(23.5 mil) terowongan Channel memiliki bagian terpanjang dibawah laut dibandingkan dengan terowongan lain didunia, walaupun terowongan Seikan di Jepang lebih baik secara keseluruhan, pada 53.85 km (33.46 mil) dan lebih dalam pada 240 m (790 ft) dibawah permukaan laut.
Terowongan itu membawa kereta penumpang berkecepatan tinggi Eurostar, Eurotunnel Shuttle roll-on/roll-off adalah kendaraan transportasi terbesar di dunia dan rel kereta api barang internasional. terowongan ini terhubung dari ujung ke ujung dengan LGV Nord dan High Speed 1 kereta api berkecepatan tinggi. Pada tahun 1996 oleh American Society of Civil Engineers terowongan ini diidentifikasi sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Moderen.

3. Shin-Kanmon Tunnel



Shin-Kanmon Tunnel adalah 18.713 m panjang dan untuk jalur kereta api Sanyo Shinkansen (kereta api tercepat dudunia)di bawah Selat Kanmon. Selain itu, tunnel ini ada ruangan untuk pejalan kaki dan sepeda. Jadi jangan heran kalo melihat orang jogging didalamnya.


4. Tokyo Bay Aqualine



(Terowongan jalan raya terpanjang didunia 9.6 km)

Tokyo Bay Aqua-Line juga dikenal sebagai Trans-Tokyo Bay Highway, ini adalah kombinasi antara terowongan-jembatan melewati teluk Tokyo di Jepang. Yang menghubungkan kota Kawasaki di prefektur Kanagama dengan kota Kisarazu di prefektur Chiba, dan menjadi bagian dari rute nasional 409. Dengan panjang keseluruhan 14 km, termasuk jembatan 2.4 km dan 9.6 km terowongan dibawah teluk menjadikannya terowongan bawah laut keempat terpanjang di dunia.

5. Bomlafjord Tunnel




Bomlafjord Tunnel adalah terowongan yang menghubungkan pulau Føyno di Kota Stord dengan daratan di desa Valevåg di Kota Sveio (baik kota di daerah dari Hordaland, Norwegia). Ini adalah bagian dari rute E39 Eropa. Ini dibuka pada tanggal 28 Desember 2000. Konstruksi dimulai pada bulan September 1997 dan terobosan terjadi pada bulan September 1999. Batu dibor melalui itu gneiss, Greenstone, dan phyllite 7,8 km.

6. Severn Tunnel




Severn Tunnel adalah terowongan kereta api di Inggris, menghubungkan South Gloucestershire di sebelah barat Inggris untukMonmouthshire di selatan Wales bawah muara Sungai Severn.
Terowongan dibangun oleh Great Western Railway (GWR) antara 1873 dan 1886. Ini adalah 4 mil 624 yd (7.008 m) yang panjang, walaupun hanya 2 ¼ mil (3,62 km) dari terowongan di bawah sungai. Selama lebih dari 100 tahun itu adalah terowongan kereta api terpanjang garis-utama di Inggris, sampai High Speed dua utama 1 terowongan (London Timur dan Barat) dibuka pada tahun 2007 sebagai bagian dari Link Terowongan Channel Rel.

0 komentar:

2 komentar: